Thursday, April 24, 2008

dari Otomotif sampai Musik

WAWANCARA

Hari Senin tanggal 21 April 2oo8, kami, Astrid, Carissa, dan Nydia mewawancarai seorang petugas Gokart di Taman Bunga Nusantara Puncak. Berikut hasil wawancara kami.

T : Siapa nama lengkap Bapak?
J : Muhammad Yusuf.
T : Kalau nama panggilan?
J : Yus.
T : Tempat dan tanggal lahir Bapak?
J : Cianjur ,15 Juni 1980.
T : Sekarang alamat rumah Bapak dimana?
J : Cipanas.
T : Bapak anak berapa dari berapa saudara?
J : Anak ke 3 dari 3 bersaudara.
T : Apakah Bapak sudah berkeluarga?
J : Belum, masih single.
T : Nama ayahnya Bapak siapa?
J : Bapak Sukarta.
T : Kalau nama ibunya Bapak?
J : Ibu Muktini.
T : Agama Bapak?
J : Islam.
T : Bapak sudah sejak kapan tinggal di puncak?
J : Dulunya saya tinggal di Purwarkarta, namun ketika saya mendapatkan pekerjaan di Puncak, lalu saya pindah kesini.
T : Jenjang pendidikan Bapak?
J : Hanya SMA.
T : Ini pekerjaan pertama?
J : Bukan, saya sudah pernah kerja sebelumnyadi restorant dan perhotelan.
T : Lalu mengapa bapak memutuskan pindah?
J : Karena saya ingin mendapatkan pengalaman yang lain saja.
T : Kalau bekerja di sini sebagai pengoperasi permainan Gokart sudah berapa lama?
J : Sudah 8 tahun, paling lama disini.
T : Kalau boleh tahu bapak bekerja disini mendapatkan gaji berapa?
J : Kalau disini ada gaji perhari dan perbulan, kalau gaji perharinya Rp 20.000 berarti kalau sebulan kurang lebih Rp 600.000.
T : Dengan gaji sebesar itu apakah sudah cukup untuk kebutuhan sehari- hari?
J : Yah, dengan gaji sebesar itu sudah cukup sih, sesuai dengan UMK Cianjur, yang terpenting bagaimana kita mengatasinya saat sedang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kita.
T : Bagaimana caranya mengatasi kalau sedang tidak cukup?
J : Mau tidak mau saya mengambil pekerjaan sampingan.
T : Apa?
J : Saya juga bekerja dibidang hiburan seperti entertainment juga, di bidang Live Music, musik Tradisional.
T : Mmm,, cita-cita bapak dulu pas masih anak-anak apa?
J : Yah seperti kebanyakan cita-cita anak kecil lainnya, saya ingin menjadi pilot. Tapi tidak kesampaian samapai saat ini.
T : Masih ingin mencapai cita-cita itu?
J : Yah kalau dulu masih ingin, tapi sepertinya itu bukan jalan hidup saya. Sudah ditentukan oleh Tuhan seperti ini.
T : Bapak juga ikut membiayai orang tua?
J : Sebagai anak,saya juga sedikit membantu orang tua dan saya juga tidak ingin membebani orang tua lagi, jadi saya mau hidup mandiri.
T : Bapak sudah bekerja 8 tahun disini, pasti punya suka dan duka bekerja disini, kalau sukannya apa?
J : Kalau sukanya saya banyak mendapat pengalaman dan bekerja disini juga kita dapat menjadi multi fungsi. Jika kita bekerja disini, walaupun kita hanya bekerja disatu sector, kita juga dapat tahu semua hal tentang perusahaan ini, bagaimana sistem kerja dan pembagian kerjanya.
T : Kalau dukanya?
J : Karena kita pekerja yang langsung turun ke lapangan dan berhadapan langsung dengan pengunjung, kita harus pandai-pandai menangani pengunjung yang terkadang tidak menyenangkan. Kita juga harus menerima berbagai macam komplain pengunjung dengan baik. Selain itu kita harus bertanggung jawab pada perlengkapan disini mulai dari mobil gokart dan jalannya. Sudah ada beberapa kerusakan pada mobil akibat pengunjung yang memakai dan menabrakkannya maka untuk menghindari berbagai macam kerusakan lainnya,kita sebagai petugas harus memperketat tata tertib, jadi pengujung juga tertib apabila sedang bermain gokart disini.
T : Oh iya, jam operasional disini mulai dari..?
J : Kalau hari biasa, senin sampai jumat mulai dari jam 09.00- 17.00, sedangkan kalau hari sabtu,minggu dan hari-hari besar kami buka dari jam 08.00-17.30.
T : Pernah ada pikiran ingin pindah dari pekerjaan ini?
J : Pernah ada.
T : Kenapa?
J : Yah karena ingin cari pengalaman yang lebih dari pekerjaan ini dan ingin mendapatkan pendapatan yang lebih dari pekerjaan ini.
T : Kalau ingin pindah, mau pindah ke bidang apa?
J : Mungkin ke bidang pariwisata juga.
T : Pertanyaan terakhir, apa harapan bapak di pekerjaan bapak yang sekarang ini?
J : Saya berharap pariwisata itu lebih untuk remaja, orang-orang muda yang lebih banyak bekerja di bidang pariwisata karena dengan beriringnya usia yang menuju tua maka sudah tidak begitu cocok untuk bekerja lagi di bidang pariwisata ini. Dan tentunya pariwisata Indonesia semakin maju.

(M. Yusuf dan Gokart)
(Saat wawancara)
(Saat wawancara)
(Nydia, M.Yusuf, Carissa, Astrid)



REFLEKSI PRIBADI

Setelah melihat perjuangan Bapak M.Yusuf, saya merasa bersalah karena selama ini saya menghambur-hamburkan uang orang tua saya. Begitu beratnya perjuangan Pak Yusuf untuk mencari sesuap nasi. Namun, saya malah menghamburkan uang orang tua saya. Saya mau berusaha untuk lebih berhemat lagi dan menggunakan uang dengan hati-hati, karena saya tahu orang tua saya pun bersusah payah dalam mencari uang. Saya mau lebih menghargai lagi jerih payah orang tua saya.
ASTRID XI IPS 1-o2

Setelah Saya, Nydia, dan Astrid melaksanakan wawancara ini saya menyadari bahwa hidup itu memang berat dan tidak ada sesuatu yang kita raih tanpa perjuangan. Saya juga menyadari kadang saya suka memakai uang untuk hal yang sebetulnya belum terlalu penting, padahal ada hal yang jauh lebih penting. Dan di luar sana banyak saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan uang namun kita hanya memfoya-foyakan untuk hal yang kurang penting. Maka mulai dari sekarang saya akan berusaha memilih-milih untuk menggunakan uang yang diberikan oleh orang tua saya dengan bijak karena itu merupakan hasil jerih payah kedua orang tua saya karena saya tahu bahwa mencari uang itu dibutuhkan usaha dan perjuangan yang tidak mudah.
CARISSA XI IPS 1-o5

Setelah melaksanakan wawancara bersama Astrid dan Carissa, saya secara pribadi merasa sangat menyesal karena selama ini saya sudah menghambur-hamburkan uang orang tua dengan sangat sia-sia. Tanpa saya sadari, selama ini uang yang diperoleh oleh kedua orang tua saya dengan susah payah, saya hamburkan hanya untuk hal-hal yang tidak berguna, sedangkan di luar sana banyak sekali saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan uang tersebut. Namun, setelah saya mewawancarai Bapak M.Yusuf, saya akan berusaha untuk merubah sikap saya dan berusaha untuk bersikap sehemat mungkin, serta secermat mungkin dalam menggunakan uang dari kedua orang tua saya.
NYDIA XI IPS 1-24

No comments: